Orang-orang dari Masa Lalu, Saat Ini, dan Masa Mendatang



Tanpa kita sadari, orang-orang yang datang dan pergi dalam hidup kita tentunya meninggalkan setitik kenangan. Setiap orang yang berkesan, pasti menandai dan menyita satu tempat di ruang hati. Mereka, baik yang selalu ada maupun yang pernah ada, tentunya memberikan pengalaman dan pelajaran, seperti pesawat jet yang meninggalkan contrail di langit.

Seperti dalam setiap cerita novel atau drama, orang-orang baru ini hadir untuk mewarnai plot cerita. Dengan kehadiran mereka, hidup tokoh utama akan lebih berwarna, dengan demikian cerita bergerak maju. Setiap tokoh hadir membawa porsinya masing-masing. Ada yang diutus untuk membawa kebahagiaan, ada juga yang akhirnya membawa kesedihan. Lepas dari itu, selalu ada hikmah dari setiap peristiwa.

Seleksi alam menuntut manusia untuk selalu maju mengikuti perkembangan waktu. Setiap orang dipaksa berkembang dan beradaptasi dengan keadaan baru, dengan suasana baru, dengan orang-orang baru. Orang-orang lama ada yang bertahan, ada juga yang pergi, menjauh, meninggal, atau menghilang tanpa kita tahu kemana jejaknya.

Manusia memang berencana, tapi tidak semua akan terjadi sesuai dengan yang kita harapkan. Untuk itu, sebaiknya kita hidup di waktu sekarang. Bagaimana kita menikmati setiap detik yang berjalan, dengan orang-orang yang ada di saat ini. Masa lalu sebaiknya dijadikan bahan pelajaran dan refleksi, sebagai pondasi dan landasan untuk berbuat dan mengambil keputusan. Masa depan kita jadikan sebagai tujuan, sebagai puncak gunung yang harus dicapai, sebagai Roma yang bisa ditempuh dari banyak jalan.

Kondisi "saat ini" pun rupanya cair. Tak ada satu waktu pun yang bisa kita sebut dengan saat ini, karena waktu berjalan linier, dan setiap detik ada perubahan yang terjadi. Untuk itulah sebaiknya kita menikmati saja tanpa perlu lagi khawatir dengan hari esok, tanpa perlu lagi meratapi hari kemarin. Demikian pula dengan orang-orang yang ada bersama kita saat ini. Mengapa tidak kita manfaatkan saja waktu-waktu ini dengan membuat kenangan-kenangan indah, menikmati setiap detik bersama mereka yang hadir.



(catatan tengah malam saat hujan di malam Minggu, saat pacar sedang jauh, dan baru pamit tidur)
KRC 23122017 23:26


Comments

Popular Posts